radyoyagmur.com

Media Info Terpercaya

Ciri-ciri Hamil dari Telat Haid hingga Hidung Tersumbat

Ciri-ciri Hamil dapat dilihat melalui beberapa tanda yang sangat khusus. Perubahan hormonal yang signifikan terjadi selama kehamilan sehingga memicu berbagai gejala. Beberapa wanita mengalami banyak gejala kehamilan, namun beberapa wanita tidak mengalami hal serupa.

Gejala awal kehamilan antara lain telat haid, perubahan payudara, kelelahan, sering buang air kecil, serta mual dan muntah (morning sickness). Mengutip dari Betterhealth.vic.gov.au, gejala-gejala ini mungkin disebabkan oleh faktor lain dan tidak selalu berarti Anda hamil. Apabila Anda curiga bahwa Anda hamil, sebaiknya lakukan tes kehamilan di rumah menggunakan test pack dan temui dokter.

Berikut adalah ciri-ciri hamil:

Menstruasi tertunda atau terlewatTidak datang bulan seringkali merupakan tanda pertama kemungkinan kehamilan. Namun, beberapa wanita mengalami pendarahan ringan yang mencirikan kehamilan.

Mual dan muntahMorning sickness adalah suatu kondisi yang mempengaruhi lebih dari setengah dari semua wanita hamil. Gejalanya termasuk mual dan muntah, dan kehilangan nafsu makan. Kebanyakan wanita dengan morning sickness tidak hanya mengalami gejala di pagi hari, tetapi mengalaminya sepanjang hari.

Morning sickness biasanya dimulai sekitar minggu keempat hingga keenam kehamilan dan dapat mereda pada minggu ke-12, meskipun dapat berlanjut lebih lama atau kembali sekitar 32 minggu.

Perubahan pada payudaraSelama kehamilan, payudara menjadi lebih penuh, bengkak dan lunak. Perubahan ini mirip dengan yang mungkin Anda perhatikan beberapa hari sebelum menstruasi. Selama kehamilan, kulit di sekitar puting susu menjadi lebih gelap dan pembuluh darah di payudara menjadi lebih jelas.

KelelahanKelelahan yang tidak biasa sering terjadi pada awal kehamilan. Hal ini kemungkinan besar disebabkan oleh peningkatan besar-besaran hormon seks progesteron.

Cobalah untuk tidur atau istirahat lebih banyak ketika Anda bisa selama tahap awal ini. Tingkat energi Anda mungkin akan meningkat lagi sekitar bulan keempat kehamilan ketika plasenta sudah terbentuk dengan baik.

Kelelahan selama kehamilan juga bisa disebabkan oleh anemia, yang paling sering disebabkan oleh kekurangan zat besi. Makan makanan kaya zat besi penting dalam pencegahan anemia defisiensi besi selama kehamilan. Perawatan medis anemia pada kehamilan melibatkan mengonsumsi suplemen zat besi.

Sering buang air kecilKehamilan menyebabkan peningkatan kadar cairan tubuh dan efisiensi ginjal yang lebih besar. Rahim yang membengkak juga menekan kandung kemih. Akibatnya, kebanyakan wanita mulai mengalami lebih sering buang air kecil dalam beberapa minggu pertama kehamilan.

Mengidam makananMengidam makanan tertentu sangat umum terjadi saat, terutama ngidam makanan yang memberikan energi dan kalsium, seperti susu dan produk susu lainnya. Anda mungkin juga tiba-tiba merasakan ketidaksukaan terhadap makanan yang sebelumnya Anda sukai.

Hidung tersumbat Peningkatan kadar hormon dan produksi darah dapat menyebabkan selaput lendir di hidung Anda membengkak, mengering dan mudah berdarah yang mungkin menyebabkan Anda memiliki hidung tersumbat atau berair. Mengutip daei Mayoclinic.org, namun gejala ini bukanlah gejala umum penanda kehamilan.

Untuk memastikan bahwa Anda hamil selain tanda-tanda tadi, Anda juga bisa menggunakan test pack kehamilan yang bisa Anda dapatkan di apotek serta mengunjungi dokter untuk hasil yang lebih akurat.

VALMAI ALZENA KARLA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.